Anansi Boys

 
Judul
Anansi Boys (978-979-22-3024-6)
Pengarang
Neil Gaiman
Penerbit
Gradien Mediatama (2009)

    Jujur saja, saya tertarik membaca buku ini karena pengarangnya adalah Neil Gaiman, penulis dongeng yang konon katanya dongeng-dongengnya ajib dan ajaib. Meskipun dari begitu banyak karyanya, tak satupun yang saya tamat membacanya. Hehe. Termasuk buku ini. Saya menyerah, tak sanggup menamatkannya.

    Seperti karya Gaiman lainnya, ide cerita yang ditampilkan dalam buku ini (dan buku-buku lainnya) sangat menarik. Dari judulnya saja, 'Anansi Boys', semua kutu (kutu buku) pasti tak sanggup melewatkannya begitu saja. Setidaknya bertanya-tanya, apakah gerangan Anansi Boys itu ?

    Adalah Charles Nancy atau yang di buku ini lebih dikenal sebagai Fat Charlie, seorang remaja yang biasa-biasa saja. Hidupnya berjalan normal, tak ada yang istimewa. Sampai suatu hari ia tahu bahwa ayahnya adalah seorang Dewa, ya, Dewa. Tepatnya Dewa Anansi atau Dewa Laba-laba. Tak cukup sampai disitu, Charlie kemudian bertemu dengan seseorang yang mengaku sebagai saudaranya, dan yang lebih mengecewakan lagi bagi Charlie adalah bahwa saudaranya ini punya segala kelebihan yang tidak dimiliki Charlie. Dan dengan semua kelebihannya ini, ia mengambil segala kesempatan baik yang Charlie punya, termasuk mengambil tunangannya. Charlie tak ingin dan tak bisa diam saja, dan buku ini menceritakan semua cara yang dilakukan Charlie selanjutnya.

    Neil Gaiman menceritakan kisah Charlie dengan apik. Ia berhasil menampilkan suasana mistis sekaligus romantis, menceritakan kehidupan para dewa dari sudut pandang modern. Namun bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk berbasa-basi, saya yakin buku ini akan segera Anda tinggalkan. Ya, seperti yang saya lakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Love and Life Chocolatos: Ayah, Mengapa Aku Berbeda

Kumpulan Cerpen Kompas 2012 : Laki-laki Pemanggul Goni

5cm